Membuat Radio Button, CheckBox, Timer, dan Main Menu pada Delphi



Disini saya akan menjelaskan bagaimana membuat radio button, check box, timer serta main menu pada Delphi. Saya akan membuat 3 form, form 1 saya akan membuat menu makanan menggunakan radio button dan checkbox, form ke 2 saya akan membuat judul tulisan mengguanakan timer dan form ke 3 saya akan membuat main menu yang didalamnya saya sisipkan form 1 dan form 2.
Langkah awal saya akan membuat form 1 menu makanan seperti gambar dibawah ini

 

Saya membuat nama-nama menu makanan ini menggunakan checkbox . CheckBox merupakan komponen dasar pada borland delphi, Checkbox digunakan apabila dalam menu pilihan tersebut, kita boleh memilih lebih dari satu.

 

Kita mempunyai 5 variabel yaitu F1,F2,F3,F4,F5 yang memiliki tipe data integer. untuk
 if checkBox1.Checked=true then
F1:=21000 else F1:=0;
artinya itu artinya dipilih, jika memilih F1 artinya harganya 21000, jika tidak memilih maka harganya 0.
dan seterusnya sampai F4. Sedangkan FT:=F1+F2+F3+F4 itu artinya menjumlahkan harga jika memilih semua pilihan makanannya. Label3 itu letak harga yang sudah kita sediakan.

Inilah output dari checkbox. (bisa memilih salah satu/semuanya)



 
 
Bagian ini berfungsi untuk memperkecil dan memperbesar ukuran font hasil harganya.

Label3.font.size:=label3.font.size-5 artinya itu untuk memperkecil ukuran huruf di label 3 atau hasil.
Label3.font.size:=label3.font.size+5 artinya itu untuk memperbesar ukuran huruf di label 3 atau hasil.
Ini output untuk .

 

Ini output untuk
 

 

Langkah kedua kita akan membuat form baru yaitu form 2 untuk membuat judul tulisan menggunakan timer. Ini adalah desainnya yg sudah saya buat, Timer itu sendiri adalah waktu yang digunakan untuk menghitung jam, tanggal, dan stop wacth.Timer digunakan untuk suatu prosedur atau fungsi yang dilaksanakan dalam jeda waktu tertentu atau biasa disebut interval.

 

 

Disini kita memberikan 2 tabel. If label1.Visible=true or label2.Visible=true itu artinya label 1 atau label 2 yang akan menyala.
untuk kodingan diatas kita akan membuat 2 judul yang akan tampil secara bergantian atau berkedip

Ini adalah output dari judul pertama

 

Langkah terakhir yaitu saya akan membuat form yang ke3 yaitu Main menu Main Menu adalah komponen yang digunakan untuk membuat menu bar dan menu drop down. Komponen ini bersifat invisible.


 

Lalu kita double klik main menu diatas

 

Lalu edit seperti ini tambahkan Menu,Pilihan dan Exit. Lalu di bagian Pilihan kita membuat menu lagi untuk menu makanan dan timer.

 

Lalu jadilah seperti gambar diatas. Sebelumnya kita sisipkan dahulu listring program untuk menu nasi goring dan timer.

 
 
Listing program untuk pilihan Menu Makanan aritnya form1(menumakanan) ditampilkan dan form2(timer) tidak ditampilkan

 
 

Listing program untuk pilihan Menu Makanan aritnya form1(menumakanan) tidak ditampilkan dan form2(timer) ditampilkan.
lalu klik untuk menrunning
jadilah output seperti tampilan gambar dibawah ini.


 

Pilih menu makanan

 
 


You Might Also Like

0 comments